facebok

Klik Like Bila bermanfaat

×

Bolehkah Sedekah dengan Pamrih…?


Pada dasarnya manusia adalah makhluk pamrih. Sudah menjadi fitrah manusia untuk mencari kenikmatan (pleasure) dan menghindari kesengsaraan (pain). Yang Maha Kuasa tahu persis soal ini. Bukankah Allah yang mengajarkan ini, dengan adanya pahala dan surga, dosa dan neraka?
Lebih lanjut, Allah menjanjikan balasan khusus kepada mereka yang bersedekah, yakni balasan 2 kali lipat,  10 kali lipat, atau 700 kali lipat. Kalau tidak boleh pamrih, buat apa Allah menuliskan balasan ini di Al Quran? Buat apa? Jadi, bolehkah sedekah pamrih?
Ya, boleh! Asalkan pamrihnya kepada Allah, bukan kepada sesama manusia. Dan memang kita disuruh untuk  pamrih, berharap, dan meminta kepada-Nya. Bahkan meminta kepada-Nya itu dicatat sebagai ibadah. Dia malah murka kepada mereka yang tidak mau meminta kepada-Nya.
Lagi pula, kalau tidak boleh meminta kepada Allah, lantas kita mau minta kepada siapa lagi? Dukun…? Hanya dua jenis dukun yang boleh didatangi, yaitu dukun beranak dan Deddy Dukun hehehe… “dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap” (QS Alam Nasyrah:8) Jadi, boleh dong bersedekah pamrih/sambil berharap kepada Allah?